Space Iklan

Jumat, 07 Oktober 2022

CARA AGAR VIDEO SHORTS YOUTUBE MELEDAK BANYAK PENONTON

Banyak youtuber telah mendapat bonus dari shorts youtube mulai dari 100 hingga ribuan dollar. Hmm, apakah anda tertarik? Meskipun tayangan shorts tidak masuk jam tayang syarat 4000 jam untuk monetisasi channel baru, tapi youtube shorts bakalan ada iklannya juga mulai awal tahun 2023, lho. Dan kabar gembiranya, mulai awal Januari tahun 2023, monetisasi youtube lewat video shorts juga bisa dilakukan. Syaratnya adalah memiliki jumlah tayangan shorts sebanyak 10.000.000 tayangan dengan jumlah subscriber tetap 1000. Jumlah 10.000.000 tayangan shorts ini dihitung mulai 3 bulan sebelum 1 Januari 2023, alias mulai awal Oktober sekarang. Apa anda tertarik jadi youtuber dengan syarat yang makin mudah ini? Mari simak kisi-kisi membuat tayangan shorts agar meledak dan banyak penonton berdasar PENGALAMAN PRIBADI saya mengurus channel Java Hidden Gems. Sehingga dalam 3 bulan ke depan, anda bisa mencapai target monetisasi


1. KONSISTEN MENGUPLOAD VIDEO SHORTS
Ini menurut saya sepertinya menjadi syarat mutlak. Awal-awal saya mengunggah video shorts memang sepi, tapi setelah setiap hari aktif mengunggahnya, trafiknya naik sendiri. Terus dan terus. Jadi usahakan, anda memiliki banyak stok konten video shorts agar bisa mengupload setiap hari. Upload semua dan bikin privat saja dulu. Mempublish 2-3 video shorts setiap hari saya rasa sudah cukup.

2. GUNAKAN MUSIK YANG SEDANG VIRAL
Bakal ramai atau tidaknya penonton youtube shorts memang tidak bisa diprediksi. Dalam hal ini, saya belum memahami algoritmanya. Namun biasanya, ketika saya memakai musik yang sedang viral, shorts saya cenderung meledak, meskipun beberapa tetep anyep. Namun kalau dihitung, yang anyep ini biasanya tidak lebih dari 30% dari total keseluruhan. Lantas, dimana kita bisa menemukan musik yang sedang trending? Biasanya, youtube akan memberi rekomendasi saat kita hendak memilih lagu ketika mengupload video shorts

3. MAKIN SINGKAT DURASI, MAKIN BERPOTENSI MELEDAK
Kesalahan terbesar youtuber baru adalah membuat shorts terlalu panjang, bahkan sampai genap 60 detik. Padahal itu sama saja bunuh diri. Penonton biasanya langsung skip ke shorts setelahnya alih-alih menontonnya secara full. Dan itu akan berpengaruh terhadap algoritma atau retensi tayangan, akhirnya video kita akan tidak direkomendasikan youtube dan menjadi sepi. Ya kalo subscriber kita jutaan dan konten kita menarik sih tidak apa-apa, tapi kalo subscriber kita 1000 saja tidak ada, maka itu akan sia-sia. Kalau tidak percaya, silahkan dicoba.

Namanya saja youtube shorts, tentu video yang diunggah sebaiknya memang berdurasi singkat. Idealnya agar shorts meledak adalah kita perlu mengupload video berdurasi 7-12 detik saja.

4. JANGAN BERHENTI MENGUPLOAD SAAT ADA SHORTS YANG VIRAL

Saya punya beberapa akun youtube, sebenarnya. Selain Java Hidden Gems, yang lainnya biasanya saya gunakan untuk mempelajari algoritma. Meskipun mungkin suatu saat nanti saya juga berkeinginan mengurus dan mengembangkan semua channel tersebut. Dari channel² tersebutlah, saya kemudian mendapat ilmu. Salah satu channel pernah memiliki shorts yang viral dan trafiknya terus naik. Setiap hari saya mengupload shorts di channel itu, dan trafik shorts setelahnya pun jadi ketarik semuanya. Penontonnya bahkan sampai jutaan. Tapi, saat seminggu saya libur upload di sana, shorts² yang viral tersebut mendadak berhenti. Dan ketika saya mencoba menguploadnya lagi, penontonnya tetep anyep; tidak lebih dari 200 biji. Lalu apakah shorts setelahnya bisa naik lagi? Bisa asalkan kita konsisten mengupload 5-10 shorts setiap hari tanpa putus selama 2 minggu.

5. JAM UPLOAD TERBAIK
Jam upload terbaik kalau di channel saya, biasa meledak kalo saya mengupload pukul 06.00, 12.00, dan 18.00 WIB. Tapi, beda lokasi dan subscriber biasanya beda-beda. Yang jelas anda bisa mendapat jam terbaik untuk upload dari melihat kapan video anda ramai ditonton lewat analisis aplikasi youtube studio.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang saya bisa berikan. Jika nanti saya mendapat ilmu baru, saya akan menuliskannya di blog ini. Jika anda penasaran dengan shorts video yang saya buat berikut jumlah tayangannya, silahkan mampir ke channel JAVA HIDDEN GEMS

Tidak ada komentar: