Space Iklan

Jumat, 07 Oktober 2022

CARA MENAMBAH SUBSCRIBER YOUTUBE DENGAN CEPAT DAN ORGANIK


BERDASAR RISET dan PENGALAMAN PRIBADI - Jadi, pertama perlu saya tekankan terlebih dahulu bahwa artikel ini dibuat bukan melalui copy-paste dari blog-blog atau website dengan tema sejenis. Di sini saya hanya membagikan pengalaman dari progress channel youtube saya sendiri : Java Hidden Gems

Channel Java Hidden Gems ini saya buat pada pekan terakhir bulan November tahun 2021. Ketika pertama membuatnya, saya hanya membagikan link melalui status atau story di media sosial. Untuk subscriber, saya tidak pernah meminta-minta lewat caption link yang saya bagikan tersebut. Namun teman-teman yang baik, secara otomatis memberikan dukungan dengan subscribe ke channel saya. 3 bulan berjalan, subscriber saya tidak pernah lebih dari 150 orang saja 😅 menghadeh sekali, memang. Padahal--nggak perlu munafik--adanya saya membuat channel youtube, terus terang, selain untuk menyalurkan hobi, juga untuk mengalirkan pundi-pundi dollar ke rekening. 

Dan agar tujuan yang kedua itu bisa terwujudkan, satu-satunya jalan adalah dengan memonetisasi channel youtube yang saya buat. Namun, syarat yang diberikan youtube untuk hal itu agaknya cukup sulit; syarat monetisasi youtube 2022 adalah memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Dan itu ternyata dibatasi hanya 12 bulan. Jika dalam satu tahun tesebut syarat 4000 jam tayang belum terpenuhi, maka pihak youtube akan mereset ulang jam tayang yang kita telah dapatkan, dan harus mengulang lagi untuk mendapat angka 4000 jam tersebut di tahun ke dua.

Bulan demi bulan, angka subscriber di channel saya sangat hobi berdiam diri. Tidak bergerak sama sekali. Saya pun kemudian mencoba menimba ilmu melalui grup facebook. Kalo kita mencari grup Sub4Sub atau subcribe for subscribe di facebook, kita akan menemukan banyak sekali. Dan saya kemudian memilih grup yang paling aktif untuk saya masuki guna menimba ilmu menambah subscriber dengan cepat. Alih-alih mendapat semangat, saya malah down melihat shared post di dalamnya. 

Sub4Sub untuk menambah subcriber di youtube ternyata bukan pilihan yang tepat untuk pemula. Selain bisa dianggap sebagai spam, beberapa akun juga bisa diblokir karena terdeteksi curang (biasanya selain saling subscribe, anggota juga otomatis saling memohon untuk menonton konten channel mereka). Yang nggak kuat dilihat, kesannya malah jadi saling mengemis 😆 maaf ya, akhirnya di dalam sana saya cuma numpang nyimak saja sebelum akhirnya keluar kelas.

Saya mencoba mengupload video shorts, kemudian. Satu dua kali tampak sepi, dan kemudian ada satu video shorts yang meledak. Saat saya membuka analytic di youtube studio, ternyata subscriber saya perlahan bertambah. Dan subscriber tersebut datang dari shorts yang meledak tersebut. Dari sinilah saya kemudian mengerti bahwa cara menambah subscriber youtube dengan cepat adalah lewat video shorts. Ini sangat efektif, dan tentu saja organik. Sebagai buktinya, saya akan menampilkan screenshot dari channel youtube saya di bawah artikel ini, mulai dari 3 bulan lalu, hingga artikel ini diterbitkan :


Eits, tapi upload video shorts agar banyak penonton juga ada strateginya, lho. Strategi tersebut akan saya jabarkan di artikel CARA AGAR VIDEO SHORTS YOUTUBE MELEDAK BANYAK PENONTON

Tidak ada komentar: